1. 2.

09 Agustus 2010

Peningkatan Situ Ciwaka Tahap Kedua Hampir Rampung



BANTEN - Rehabilitasi serta Pembangunan kelengkapan Situ Ciwaka tahap kedua yang terletak di Kecamatan Walantaka Kota Serang, Provinsi Banten, hampir rampung. Pada tahap kedua ini terdapat penambahan luas lahan sebanyak 1,5 hektar sehingga jumlah keseluruhan luas situ tersebut menjadi 3 hektar. Diharapkan dengan penambahan luas lahan tersebut dapat mengantisipasi ancaman perubahan iklim.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kustantina, Kasi Sungai Danau Dan Waduk pada Dinas Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Banten saat di temui wartawan diruang kerjanya belum lama ini. Menurutnya, dengan penambahan luas lahan waduk tersebut diharapkan dapat menampung debit air yang cukup banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan pengairan areal persawahan yang cukup luas diwilayah tersebut.

“Manfaat dari situ ciwaka, nantinya selain disampaing tempat penampungan air guna memenuhi kebutuhan pertanian khusunya pada musim kemarau diharapkan juga dapat membantu menaggulangi banjir,” ungkap Kustantina.

Pelaksana Proyek, Mamad, saat ditemui wartawan dilokasi kegiatan belum lama ini mengungkapkan bahwa untuk progres pengerukan waduk sudah mencapai 85 perse. “ Setelah penegerukan selesai baru kita akan mulai untuk pembangunan tanggul penahan tanah (TPT) serta kelengkapan waduk lainnya,” ungkap Mamad.

Diungkapkannya, dengan progres yang di dapat saat ini, pihaknya optimis sebelum batas waktu kontrak yang di tentukan yakni selama 180 hari kerja dapat pekerjaan akan segera selesai. “Mudah-mudahan saat pembangunan TPT dan kelengkapan lainnya cuaca mendukung, sehingga pekerjaan tidak terganggu serta hasil dapat maksimal,” ungkap Mamad.

Sementara itu, sejumlah masyarakat yang tinggal disekitar waduk tersebut sangat bersukur dengan keberadaanya yang diharapkan dapat mempertahankan debitair untukpertanian khusunya pada musim kemarau.

Sepertihalnya yang diungkapkan oleh Ilaika, ketua LSM Gerakan Peduli Penerus Bangsa (GP2B) Provinsi Banten yang mengharapkan keberadaan situ tersebut bisa lebih di tingkatkan menjadi objek wisata.

“Selain untuk menampung pasokan air bagi kebutuhan pengairan, kami juga berharap Situ tersebut bisa dikembangkan menjadi tujuan objek wisata sehingga diharapkan bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar,” ungkap Ilaika (Jariah)

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif