1. 2.

09 Agustus 2010

Lomba TTG Nasional XII Jogja Expo Centre (JEC)

Pemprov Banten Optimis Masuk Peringkat Tiga Besar

BANTEN – Pada Lomba Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XII tahun 2010 yang rencananya akan berlangsung di Jogja Expo Centre (JEC), Banguntapan, Bantul, Provinsi DIY pada tanggal 22 - 26 September 2010 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten optimis mesin teknologi hasil karya dan inovasi masyarakat Banten bisa masuk peringkat tiga besar. Demikian diungkapkan oleh Kepala Bidang Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa, Anhari Bardhani.

“Saya yakin salah satu teknologi ciptaan warga Banten bisa masuk peringkat tiga besar di Lomba TTG Nasional bulan September 2010 mendatang,” kepada Wartawan baru-baru ini, diruang kerjanya.

Dikatakan Anhari, untuk meraih target tersebut, sebanyak 13 (tiga belas) jenis mesin teknologi telah dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan tersebut. Diantaranya, mesin mobil Rusnas (penerus nasional) yang salah satu kelebihannya irit bahan baker minyak (BBM). Mesin Pengolah Sampah Ramah Lingkungan dan Mesin Produksi Helm yang menggunakan bahan fiberglas dan berkwalitas SNI (Standar Nasional Indonesia).
"Bahan bakar Rusnas adalah premium. Berdasarkan penelitian, mesin rusnas hanya menghabiskan premuim satu liter untuk jarak tempuh hingga 22 kilo meter. Mesin Rusnas dan dua mesin unggulan Banten lainnya berasal dari Kota Tangerang Selatan," katanya.

Terkait pelaksanaan lomba, lanjut Anhari, Pemprov Banten saat ini tengah melaksanakan sejumlah persiapan diantaranya survey lokasi kegiatan, penetapan bentuk dan lokasi stan serta lokasi untuk tempat penginapan. “Seluruh persiapan lomba mengacu pada pada hasil Rapat Kerja Nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tanggal 15-16 Juli lalu,” kata Anhari.

Dijelaskan oleh Anhari bahwa terkait Gelar TTG XII, Pemprov Banten hanya memfasilitasi peserta kegiatan dari Banten berupa hotel dan akomodasi. Sedangkan untuk transportasi ditanggung oleh masing-masing peserta. Ke 13 peserta yang dikutkan dalam kompetisi tingkat nasional merupakan para peserta yang lolos seleksi pada kegiaan serupa tingkat Provinsi Banten pada tanggal 6 – 10 Juni 2010 lalu, di Kota Tangerang Selatan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, Gelar TTG Nasional XII rencananya dibuka oleh Presiden SBY. Tujuan diselenggarakannya TTG adalah sebagai langkah strategis dalam penyebarluasan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Selain itu gelar TTG juga dimaksudkan sebagai forum untuk menggali gagasan pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan penerapan dan pengembangan TTG dalam upaya pemberdayaan masyarakat di masa mendatang.
Adapun peserta kegiatannya adalah instansi pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan kabupaten/ kota se Indonesia, BUMN dan BUMD, Lembaga Pemerhati di bidang TTG, perguruan tinggi, LSM dan kelompok masyarakat. (Jariah)

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif