1. 2.

28 Agustus 2010

Kepala Bappeda Banten : Raker Di Cipanas Bogor Hasilkan Inpres No.1 Tahun 2010

BANTEN - Komponen Belanja Tidak Langsung (BTL) dalam penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di evaluasi. Menyusul banyak anggapan BTL bukan komponen belanja publik. Dmikian salah satu yang mnjadi pembahasan dalam rapat kerja (raker) di istana Bogor 5-6 Agustus 2010 dngan tema “penyusunan APBN dan APBD yang sehat, berkualitas, dan berkesinambungan”.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten Widodo Hadi yang mendampingi Gubernur Banten mngatakan, raker nasional merumuskan kemungkinan pengalihan sejumlah komponen BYL dalam penyusunanAPBD. “Selama ini ada aggapan bahwa BTL merupakan bukan belanja publik. Oleh karena itu, jika BTL lebih besar dari blanja langsung (BL), berarti APBD di anggap tidak pro rakyat, padahal kenyataannya tidak demikian” Ujar Widodo.

Lebih lanjut ia menjelaskan, komponen BTL tidak seluruhnya merupakan belanja pegawai dan pengadaan barang dan jasa, tetapi juga belanja untuk kepentingan masyarakat, yaitu bantuan sosial, hibah, bencana alam, dalam bentuk dana tak tersangka, bagi hasil pajak, bantuan keuangan kabupaten/kota dan bantuan untuk pemerintahan desa.

Ia mengungkapkan, terkait dengan penekanan presiden agar pemerintah daerah menyusun APBD secara tepat, sehat, berkualitas dan berkesinambungan, pemprov Banten mnyambutnya dengan baik. “Kami selalu mengacu pada sasaran dan target yang jelas dan terukur” jelasnya.

Perlu di ketahui, rapat kerja di Cipanas sudah menghasilkan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2010 tentang percepatan pelaksanaan prioritas pembangunan nasional 2010. (Lel)

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif