1. 2.

10 Agustus 2010

Dubes AS Resmikan ICT Lab Madrasah Al-Ahliyah Karawang


Bantuan dari Kedutaan Besar Amerika melalui program Decentralized Based Education (DBE) USAID

KARAWANG - Duta Besar Amerika untuk Indonesia, Cameron Hume bersama Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, Deputy IV Kementerian Kesejahteraan Rakyat Fuad Al-Hamid, dan Bupati Dadang S. Muchtar, meresmikan Information Communication Technology Lab. (laboratorium computer) Madrasah Tsanawiyah Al-Ahliyah Karawang di Kec. Cikampek, Karawang, Senin (26/7).

Laboratorium tersebut merupakan bantuan dari Kedutaan Besar Amerika melalui program Decentralized Based Education (DBE) USAID yang didukung oleh Kementerian Kesejahteraan Rakyat dan Kementerian Pendidikan Nasional serta sejumlah perusahaan mitra DBE, seperti Intel, Microsoft, Cisco, Qualcomm, Indosat, Hewlett Packard, dan Oracle.

Dubes Cameron Hume dalam kesempatan tersebut mengatakan, keberadaan laboratorium yang merupakan bantuan dari berbagai pihak tersebut merupakan salah satu contoh penting dari keberhasilan yang bisa dicapai melalui adanya kemitraan. “Kita akan dapat mencapai sesuatu yang lebih baik apabila kita lakukan dengan mitra, daripada bila kita mengerjakannya seorang diri,” ujarnya.

Namun demikian, lanjut Cameron, pertanyaan yang lebih penting adalah bagaimana kelanjutan laboratorium setelah diresmikan hari ini. Terlebih, sebagaimana apa yang telah dipaparkan Bupati Karawang, bila kita mampu membangun pendidikan yang baik, murid-murid akan semakin baik, dan daerah pun akan menjadi lebih baik. “Bahkan diantara murid-murid disini suatu saat nanti mungkin akan menggantikan pekerjaan anda di masa datang,” jelasnya.

Cameron melanjutkan, dengan adanya laboratorium ini, murid-murid akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mengenai apapun di seluruh dunia. “Mereka akan mendapatkan informasi yang lebih, membawanya ke dalam desktop mereka, mempelajari dan memperbaharuinya dalam dokumen baru, dan menyebarluaskannya kembali kepada seluruh dunia,” imbuhnya.

Cameron menambahkan, inti dari bantuan ini adalah untuk lebih mengetahui dunia. Dan hal ini bisa dilakukan mereka sejak mereka masih berusia 12 tahun, dimana apa yang dipelajari pada masa itu tidak akan dilupakan. “Dengan demikian kedepan kita akan mempunyai masyarakat yang lebih baik, serta ekonomi yang lebih kuat,” tambahnya.
Wakil Mendiknas, Fasli Jalal mengatakan, meskipun perkembangan teknologi, seperti computer dan internet memiliki dampak buruk, namun kita harus percaya bahwa kita mampu mengontrol teknologi. Sehingga manfaatnya tidak jatuh kepada mudharat, melainkan bisa kita maksimalkan,” jelasnya

Di sisi lain, Deputi IV Kemenkokesra, Fuad Al-Hamid, berharap bantuan serupa tidak hanya dberikan di Kabupaten Karawang, melain juga di sekolah dan madrasah lain. Pendayagunaan TI sendiri amat diperlukan, karena keberadaan TI diharapkan dapat meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Bupati Dadang S. Muchtar mengatakan bantuan ini akan menjadi salah satu stimulant bagai pemerintah daerah untuk terus mengembangkan lagi berbagai macam kebijakan di bidang pendidikan. Di Kabupaten Karawang sendiri terdapat 3 isu sentral terkait bidang pendidikan, yaitu Infrastruktur rusak dan tidak memadai, biaya sekolah mahal, serta kualitas guru dan mutu didik menurun. “Permasalahan tersebut telah diselesaikan secara integral dan komprehensif,” ujarnya.(A.Jun)

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif