1. 2.

01 Juli 2010

PELANTIKAN REKTOR UNSIKA 2010 -2014


KARAWANG - Drs. H. Harun Firdaus, M.Si secara resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) untuk masa jabatan 2010 -2014 menggantikan Drs. H. Dadang Fakhruddin, MM yang habis masa jabatannya. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Yayasan Dewan Pengurus Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (PPTPP), H. Tayo Tarmadi, SH. MM bertempat di Aula Kampus Unsika, Selasa (15/6).

Bupati Karawang, Drs. H. Dadang S. Muchtar yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menilai, penetapan Harun Firdaus sebagai rektor Unsika yang baru adalah tepat. “Terlebih saat ini Unsika tengah dalam proses untuk menjadi universitas negeri, sehingga dibutuhkan seorang pemimpin yang memiliki network dan hubungan dengan pihak luar yang baik,” ujarnya.Selain itu, Bupati Dadang S. Muchtar juga menilai Harun Firdaus merupakan sosok pemimpin yang professional dan selalu aktif dibidang pendidikan.

Oleh karena itu, Bupati percaya bahwa dengan dilantiknya sebagai rektor yang baru, beliau akan mampu membawa Unsika menjadi universitas negeri dan semakin maju.Di sisi lain, Bupati menjelaskan bahwa perhatian Pemerintah Kabupaten Karawang terhadap keberadaan Unsika cukup tinggi. Salah satunya adalah dengan memberikan beasiswa regular bagi mahasiswa asli Karawang untuk kuliah di Unsika. Bila dahulu Unsika tidak dilirik para lulusan, maka saat ini minat masuk Unsika sangat tinggi. ”Bahkan daftar pun harus melalui proses seleksi,” jelasnya.

Ketua Dewan Pembinan Yayasan PPTPP, Letjen. Purn. H. Kiki Syahnakri mengatakan tugas dan pekerjaan rumah rektor baru Unsika sangat berat, salah satunya adalah mensukseskan proses perubahan status Unsika menjadi universitas negeri. “Karena dalam perjalanannya menjadi universitas negeri masih banyak proses yang harus diselesaikan,” jelasya.Kiki menambahkan, permasalahan berat lainnya adalah kondisi mahasiswa drop out di Unsika yang saat ini masih tinggi. Untuk itu, rektor baru Unsika harus dapat mereduksi jumlah mahasiswa drop out secara signifikan. “Tugas lainnya adalah untuk mewujudkan visi dan misi Unsika untuk menjadi universitas yang sejajar dengan universitas lain di Indonesia,” ujarnya.

Usai pelantikannya sebagai rektor, Harun Firdaus memohon dukungan serta doa restu kepada semua pihak terkait, terutama kepada Dewan Pembina Yayasan Unsika, Bupati Karawang, serta Ketua dan Anggota DPRD Karawang. “Khususnya terkait proses perubahan menjadi universitas negeri karena salah satu syaratnya adalah surat persetujuan dari DPRD,” tambahnya.Sementara itu, Rektor Unsika Lama, Dadang Fakhrudddin menjelaskan bahwa, dirinya saat ini telah dua kali menjabat sebagai Rektor Unsika. Kali pertama menjabat sebagai rektor pada tahun 2002, Unsika hanya memiliki 1.200 mahasiswa dan 9 program studi. Namun saat ini, Unsika telah memiliki 3.707 mahasiswa dan 18 program studi.

Menurut Dadang Fakhruddin, terdapat dua tokoh yang berperan besar dalam perkembangan Unsika, yaitu Bupati Karawang terdahulu, Opon Sopanji yang berinisiatif mendirikan Unsika pada tahun 1982, serta Bupati Karawang saat ini, Drs. H. Dadang S. Muchtar yang turut memberikan sumbangsih besar kepada Unsika. “Salah satunya adalah dengan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Unsika,” ujarnya.( A.Jun/Junaedi )

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif