1. 2.

29 Maret 2010

Derap Langkah Bumi Tanadoang “Menuju Kota Bebas Sampah”


SULSELBAR - Menyadari akan arti pentingnya peran Dinas Kebersihan dalam penentuan tolak ukur kemajuan pembangunan suatu daerah, Kepala Dinas kebersihan, pertamanan dan pemadam kebakaran Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Drs. Odding Karim yang ditemui Patroli Bangsa belum lama ini mengungkapkan “pasca penempatannya sebagai Kadis kebersihan di daerah itu, pihaknya telah berulangkali menyampaikan harapan dan himbauan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat berpartisipasi seaktif mungkin dalam menyukseskan program kerja Dinas Kebersihan, termasuk kegiatan penghijauan kota”.

Kegiatan ini sendiri, tetap mengacu pada arah kebijakan pemerintah kabupaten sesuai tupoksi bagian kebersihan yang mencakup penegakan disiplin jadwal pengangkutan sampah yang bertujuan untuk menghindari terjadinya penumpukan limbah buangan masyarakat, baik, di lingkungan masyarakat perkotaan maupun masyarakat luar kota.

Terkait hal tersebut, “selama ini pihaknya juga mengaku tak pernah luput melakukan koordinasi dengan aparat pemerintah kelurahan, desa dan kecamatan”, khususnya pada upaya pelestarian tanaman penghijauan, dan pengawasan kebijakan penertiban ternak liar serta larangan membuang sampah di daerah pinggiran pantai dengan melibatkan unsur tripika di masing-masing wilayah kecamatan”.

Lebih jauh pria berkacamata ini menjelaskan, dalam rangka menyukseskan terwujudnya impian Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai kota bebas sampah, instansi yang dipimpinnya itu juga terus menggalakkan program Jum’at bersih dan gotong royong di masyarakat melalui dukungan penambahan armada mobil sampah, berikut pendistribusian gratis 100 unit bak sampah tambahan dari dinas bersangkutan.

Selain itu, Dinas kebersihan setempat, melalui Kabag Pertamanan belum lama ini juga telah mengadakan pembebasan lokasi pemakaman. Hal ini dimaksudkan sebagai salah satu langkah pengendalian, penataan dan penertiban areal pemakaman dalam kota.

Sementara itu, dari sisi pemadam kebakaran, Odding mengaku “saat ini pihaknya lagi-lagi tengah berupaya mengoptimalkan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, khususnya kepada para korban kebakaran meski sampai sekarang Dinas K PPK masih harus diperhadapkan pada tantangan keterbatasan armada mobil pemadam yang sudah tua dan lanjut usia”.

Kendati demikian, dengan keberadaan 12 orang personil pemadam yang telah cukup terlatih di lingkungan Dis K PPK, Odding tetap optimis untuk dapat mempersembahkan dukungan maksimalnya sampai akhir masa pemerintahan bupati dan Wakil Bupati Selayar hasil pilkada 2005 itu. Apatah lagi, bila pemerintah kabupaten berkenan mengabulkan anggaran penambahan satu unit armada mobil pemadam kebakaran yang baru.(fadly syarif)

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif