1. 2.

12 Oktober 2012

Rembesan Cadangan Minyak Ditemukan di Kabupaten Kep. Selayar

SELAYAR -
Dalam rangka  untuk  mendukung pengembangan daerah dan peningkatan investasi di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Deputi Koordinator Bidang Industri dan Perdagangan Kementrian Koordinasi Bidang Perekonomian telah melakukan studi pengembangan Kabupaten Kepulauan Selayar dan menuangkan hasil studinya ke dalam “Blue Print”.
Pengembangan industri ini sendiri, direncanakan terdiri atas industri perminyakan, industri perikanan, industri pariwisata dan pengembangan pusat Distribusi Logistik Kawasan Timur Indonesia, serta pengembangan komoditas pertanian sebagai sektor pendukung.
Dari data yang ada, kawasan Kabupaten Kepulauan Selayar dan sekitarnya diperkirakan memiliki cadangan minyak pada kawasan laut barat daya Kabupaten Kepulauan Selayar dan telah dilakukan investigasi untuk mengidentifikasi cadangan minyak dengan melalui penelitian seismik di cekungan Spermonde di sekitar Blok Selayar.
Dari hasil investigasi tersebut, berhasil ditemukan adanya cadangan minyak yang ditandai dengan rembesan ke sumur masyarakat di Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu. Rembesan tersebut kerap terjadi, pada musim kemarau ekstrim, terutama di akhir bulan September, sampai dengan pertengahan bulan Oktober.
Untuk investigasi keberadaan minyak dengan penelitian seismik, beberapa investor bahkan telah menyatakan keinginan untuk berinvestasi, sekiranya rembesan dimaksud betul adalah pencerminan keberadaan cadangan minyak.
Di samping, masih diharapkan  adanya spek survei untuk menjadi pegangan bagi calon investor.       
Berkaitan dengan kondisi tersebut, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, berharap agar pihak Kementrian Energi Dan Sumber Daya Mineral dapat memberikan dukungan untuk melakukan “pemeriksaan rembesan” tersebut di Kabupaten Kepulauan Selayar. (fadly syarif)

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif