1. 2.

28 Agustus 2010

Keberadaan PT Bara Harum Ditinjau Ulang

Dituding Biang Kerusakan Jalan

TEMBILAHAN – Akibat melintasnya mobil PT Bara Harum di sepanjang jalan Kecamatan Kemuning dan Tempuling, dituding sebagai biang kerusakan jalan di kawasan tersebut. Untuk itu harus ada upaya konkrit dari instansi terkait untuk meninjau ulang keberadaan perusahaan yang bergerak di bidang batu bara, karena dinilai tidak memberikan kontribusi yang besar bagi Inhil.

Sebagaimana diketahui dalam setiap harinya puluhan mobil PT Bara Harum melintas di kawasan tersebut. Mereka akan bongkar muatan di pelabuhan yang terletak di Desa Rumbai Jaya. Akibat beban berat muatan mobil PT Bara Harum, sedangkan kemampuan ruas jalan tidak sepadan dengan berat mobil dan muatan yang melintas, hingga kerusakan jalan semakin parah.

“Penyebab utama rusaknya ruas jalan Kecamatan Tempuling, Kemuning adalah melintasnya mobil PT Bara Harum, dimana kemampuan jalan tidak sebanding dengan berat mobil dan muatan yang dimiliki, akibat sudah dapat ditebak ruas jalan yang dilintasi oleh mobil PT tersebut, jadi rusak berat,” demikian dikatakan Edi Gunawan Ketua Komisi C belum lama ini kepada Patroli Bangsa

Berkiatan dengan persoalan tersebut, menurut Edi maka sudah sepantasanya instansi terkait dapat meninjau perizinan perusahaan tersebut. Karena apa yang didapat dari perusahaan itu sangatlah tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan dalam upaya memperbaiki kerusakan jalan akibat dari melintasnya mobil mereka.

“Bayangkan saja akibat kerusakan jalan yang terjadi berapa besar dana yang harus dikeluarkan oleh daerah untuk meperbaiki, hal itu sangat tidak sebanding dengan PAD yang masuk dari mereka. Melihat itu semua, maka sudah sepantasnya keberdaan perusahaan tersebut harus ditinjau ulang,” katanya.(Maria Tarigan)

Staff Redaksi

Hendrik S (Polda Metro Jaya) (Jaksel) Robin S (Jaktim) Ramdani BE (Jakpus) (Jakut) Biro Bekasi :Sepmi R (Kabiro) , Joni Sitanggang, Binton Juntak, Mustofa, Ringan Simbolon, Haerudin, Herman Sitanggang, Mulayadi TH, Togar S, Banjarnahor, Syafi'i M, Biro Kab.Bogor :(Kabiro) Depok : Radot S, (Kabiro), Karawang : Ade Junaidi (Kabiro), Rihas Purnama YM, Edi Askam, Mustamir, Otong, Wawan, Junaedi, Sopyan Junior, Mumuh MuhamadMursid. Perwkln Jabar: Idris C.Pasaribu (Ka Prwkl), Ungkap M, Deni Ridwan, Parasman. Biro Cimahi : Martunas S. Prwkln Lampung : (Ka.Prwkln) Kab Tanggamus : (Ka.Prwkl), Biro Tanjabbar :Hasbullah, Biro Kab/Kota Siantar : Buhardo Siahaan.Sulselbar : Fadly Syarif